Salam Konservasi

Salam Konservasi

Selasa, 15 Desember 2015

GEO MARITIM DARI TINJAUAN SOSIAL DAN EKONOMI oleh : Haidar Abied 3201414051

GEO MARITIM DARI TINJAUAN SOSIAL DAN EKONOMI

oleh : Haidar Abied

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 17.499 pulau, luas wilayah laut 93.000 km persegi, dengan panjang garis pantai 81 ribu kilometer. Luas perairan itu meliputi perairan kepulauan, laut teritorial dan luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 6.159.032 km persegi. Diapit oleh Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta Benua Asia dan Benua Australia, Indonesia memiliki 39 selat yang memiliki keterkaitan dengan selat lain di kawasan Asia.
Secara geo-politik, historis dan budaya, Indonesia bisa dijadikan sebagai negara maritim, mengingat wilayah daratan Indonesia dalam satu kesatuan yang dikelilingi oleh lautan, dengan 2/3 wilayahnya merupakan laut dan jumlah pulau terbanyak di dunia, serta salah satu garis pantai tepanjang di dunia.
Poros Maritim Dunia adalah menjadikan Indonesia sebagai negara maritime yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritime, pengamanan kepentingan dan keamanan maritime, pemberdayaan seluruh potensi maritime demi kemakmuran bangsa, pemerataan ekonomi Indonesia melalui tol laut, dan melaksanakan diplomasi maritime dalam politik luar negeri Indonesia lima tahun kedepan. Sehingga dapat kita mengerti, bahwa untuk menuju negara Poros Maritim Dunia akan mencakup praktek dan proses pembangunan maritime di berbagai aspek, seperti politik, sosial-budaya, pertahanan, infrastruktur, dan terutama sekali ekonomi.
Para geograf telah membuat delapan strategi Geomaritim yang disebut ASTHA TARANI
GEOMARITIM yang berpijak dari lima pilar Poros Maritim Dunia, yaitu: 1) budaya maritim, 2) sumberdaya laut, 3) infrastruktur dan konektivitas maritim, 4)diplomasi maritim dan 5) pertahanan maritim. Strategi Geomaritim ini merupakan bentuk pengkaitan lima Poros Maritim Dunia dengan delapan Astha Tarani Geomaritim.
      Di tinjau dari aspek sosial dan ekonomi, lingkungan yang dekat dengan laut mendorong penduduk pantai untuk hidup dan berkehidupan yang berkarakter maritim. Meski banyak penduduk di kawasan pesisir memanfaatkan laut untuk kelangsungan hidup mereka, laut bukan saja sebagai “desa” tempat mereka lahir dan menetap hingga akhir hayat, namun laut juga merupakan tempat mereka menggantungkan nasib dan seluruh harapan hidup. 

1 komentar:

  1. Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours

    Over 160k men and women are hacking their diet with a simple and secret "water hack" to burn 1-2lbs each night in their sleep.

    It's easy and it works on everybody.

    This is how you can do it yourself:

    1) Hold a clear glass and fill it up half full

    2) And then do this weight losing hack

    and become 1-2lbs thinner the next day!

    BalasHapus