Salam Konservasi

Salam Konservasi

Senin, 30 November 2015

KAWASAN KARST GOMBONG SELATAN

KAWASAN KARST GOMBONG SELATAN

            Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki banyak fenomena alam. Kawasan karst merupakan salah satunya. Di Indonesia sangat beraneka ragam seperti kawasan karst gunung sewu dan kawasan karst Gombong Selatan . Dalam artikel ini akan di bahas tentang kawasan karst Gombong Selatan. Kawasan karst Gombong selatan adalah rangkaian perbukitan karst atau pegunungan karst yang meliputi kecamatan Ayah, Kecamatan Buayan dan Kecamatan Rowokele yang berada di  kabupaten Kebumen provinsi Jawa Tengah. Panjang perbukitan karst ini mencapai 8 Kilometer dan memiliki lebar 3 Kilometer dan memiliki luas lebih dari 40 Kilometer. Ketinggian dari kawasan karst gombong selatan yaitu sekitar antara 300-400 meter diatas permukaan air laut dan ketinggian relatifnya yaitu  berkisar antara 50-150 meter diatas permukaan air laut. Titik yang menjadi titik tertinggi di kawasan karst gombong selatan yaitu berada di puncak Bukit Duwur yang berada pada ketinggian 452 meter diatas permukaan air laut. Kawasan karst gombong selatan merupakan salah satu bagian dari kawasan bentang alam karst yang ada di dunia. Kawasan karst gombong selatan sering di singkat atau di sebut menjadi KKGS. Kawasan karst gombong selatan juga sudah di tetapkan menjadi sebagai kawasan eko-karst pada tahun 2004 oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Perbukitan karst atau pegunungan karst merupakan perbukitan atau pegunungan yang sangat istimewa karena terbentuknya yaitu terjadi ratusan ribu tahun yang lalu. Dilihat secara fisik kawasan karst Gombong selatan terlihat sangat kering dan terlihat sangat gersang juga. Namun perlu anda sekalian ketahui bahwa di bawah tanah banyak mengandung sumber air yang terus mengalir tiada henti dan digunakan sebagai penyimpan cadangan bagi air tanah. Bahkan sampai saat ini ribuan warga Kebumen yang memanfaatkan atau menggunakan jasa perusahaan daerah air minum (PDAM) masih bisa menikmati serta menggunakan air bersih dari pegunungan karst gombong selatan, begitu melimpahnya persediaan air yang tersimpan di bawah tanah karst gombong selatan tersebut


Berikut adalah contoh gambar dari kawasan karst gombong selatan










Selain perbukitan karst atau pegunungan karst yang sangat luas dan memiliki cadangan banyak air yang berada di dalam tanah daerah kawasan karst gombong selatan juga memiliki fenomena karst lainnya yang sangat khas yaitu daerah kawasan karst gombong selatan memiliki 182 jumlah Gua yang tersebar , Kemudian memiliki 2 telaga karst , dan juga kemudian memiliki sungai bawah tanah yang airnya sangat deras , air terjun yang berada di dalam gua dan beberapa mata air yang tersimpan sangat banyak . Di kawasan karst gombong selatan terdapat gua diantaranya itu goa Jatijajar yang terletak di Kecamatan Ayah di dalam gua Jatijajar anda akan banyak menjumpai tentang fenomena stalagtit dan juga stalagmite yang terbentuk karena proses dari air yang membasahi dinding dari gua, Gua Petruk, dan gua yang baru diketahui baru-baru ini yaitu gua barat. Di dalam gua-gua tersebut terdapat sungai bawah tanah yang airnya mengalir deras bahkan saluran airnya langsung menuju pada pantai selatan . Dimana pantai selatan merupakan pantai yang ombaknya sangat deras sehingga berdampak pada derasnya aliran sungai. Selain dari sungai bawah tanah di dalam gua Barat juga terdapat air terjun yang lumayan tinggi yaitu tingginya mecapai 32 meter . Kemudian gua Petruk yang berada di kawasan karst gombong selatan (KKGS) termasuk dalam salah satu gua terdalam di dunia dengan panjang mencapai lebih dari 2 km. untuk mencapai gua petruk harus menapaki anak tangga sangat banyak dan sangat ekstrim jadi jika kalian semua ingin kesana harus berhati-hati. Kawasan karst gombong selatan selain digunakan sebagai daerah penelitian dapat digunakan sebagai daerah tempat wisata. Selain kawasan karst gombong selatan di Kabupaten Kebumen banyak tempat yamg dapat digunakan sebagai tempat penelitian dan tempat wisata salah satunya yaitu Cagar Alam Geologi Karang sambung .Buat teman-teman yang ingin belajar sambil berekrasi di alam ayo berkunjung ke daerah Kebumen. Daerah Kebumen juga memiliki sederetan pantai yang sangat indah dan menarik dengan pasir yang berwarna putih di deretan pantai daerah barat dan pantai dengan pasir berwarna hitam berada di dearah kebumen sebelah timur, kemudian  deburan ombak saling berkejar-kejaran membuat pantai sungguh tampak indah, karena Kebumen berada di pesisir pantai selatan yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia maka ombaknya sangat besar.

Dan berikut ini adalah contoh Gua yang berada di kawasan karst gombong selatan
1.      Gua Jatijajar




IKA NURWAHYUNI
3201414024


TERIMA KASIH



1 komentar: