Salam Konservasi

Salam Konservasi

Jumat, 27 November 2015

Hidup Mengajariku Dewasa

Hidup Mengajariku Dewasa
Namaku Mita Andriyani. Dari kecil aku memiliki impian sebagai seorang pendidik. Impian utamanya dosen sebenarnya, namun batu loncatannya guru tidak apa-apalah :) heeheee...

Yappsss.. Universitas Negeri Semarang menjadi jembatan untuk menuju Impianku, Aamiin :). Motivasiku berdiri disini adalah keluargaku terutama Bapak, mamak, dan mbakku. Berdiri disini sekarang adalah amanah yang diberikan Allah SWT untukku.
Mereka adalah Hidupku

Hidup diperantauan jauh dari orang tua dan keluarga membuatku belajar banyak hal tentang hidup. Bukan hanya tentang pelajaran diperkuliahan namun juga tentang segalanya. juga belajar menahan rindu ketika ingin pulang.. heheee :)
Banyak hal baru yang didapatkan ketika beradaptasi ditempat baru. Susahnya mencari sahabat yang dapat mengerti dan memahami kita salah satunya. Banyak orang yang hanya datang ketika membutuhkan saja, lalu pergi. Kehidupan di dunia perkuliahan pada sinetron televisi berbanding terbalik dengan keadaan nyatanya.
yapppsss hidup mengajarkan kita untuk dewasa. LDRan dengan orang tua memaksa kita untuk tegar menghadapi hidup :) namun memang semuanya adalah proses. Dan hidup adalah proses untuk mewujudkan impian juga akhirat. Impian dalam hidup hanya bisa diraih jika kita memiliki motivasi yang kuat dalam diri kita. Tanpa motivasi apapun, sulit sekali kita menggapai apa yang kita impikan. Tak dapat dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri. motivasi dapat menumbuhkan semangat dalam mencapai Impian. Motivasi yang kuat di dalam diri kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah ke depan, yaitu mencapai Impian hidup kita.

Dan.... gaes ini adalah beberapa tips untuk memelihara motivasi di dalam diri kita, heheeee yuhh gaes cekidot.. :)
1. Ucapkan "Selamat Datang" pada setiap masalah
Jalan untuk mencapai Impian tidak selamanya semulus jalan tol. Suatu saat kita akan menghadapi jalan terjal, menanjak, dan penuh bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara terbaik untuk melewatinya. Jika kita memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, kita akan semakin sulit termotivasi. Sebaliknya bila kita selalu siap mengahadapi setiap masalah, kita seakan memiliki energi dan semangat lebih untuk mencapai tujuan kita.
2. Memikirkan Saat Kematian Datang
Kita perlu memikirkan saat kematian datang, meskipun gejala kearah situ tidak dapat diprediksikan. Membayangkan saat-saat terakhir dalam hidup ini sesungghnya merupakan saat-saat yang sangat sensasional. Kita dapat membayangkan atau flash back dalam kehidupan kita. Sejak kita mengalami masa kanak-kanak, remaja, hingga kita tampil menjadi pribadi dan dewasa dan mandiri. Jika kita membayangkan ajal kita sudah dekat, maka kita akan termotivasi untuk berbuat banyak hal.
3. Kembangkanlah Terus Tujuan Kita
Jangan pernah terpaku pada saatu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat kita tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu kita memerlukan tantangan yang lebih besar, untuk mengerahkan kekuatan kita yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan terssendiri dalam hidup kita.
4. Mulailah Dengan Rasa Senang
Jangan pernah terbebani dengan tujuan hidup kita. Coba nikmati hidup dan jalan yang kita tempuh. Jika sejak awal kita sudah merasa 'tidak suka' rasanya motivasi hidup tidak akan pernah kita miliki.

Nah gaes, itu adalah beberapa tips agar motivasi tetap ada dalam diri kita :)

Teruslah berproses menuju Impian. Perbesar usaha, doa, dan kerja keras karena Allah SWT tidak pernah memejamkan mata :) Serahkan semua terhadapNya, niatkan semua terhadapNya.
Dan ketika semangat yang ada pada diri kita luntur, ingatlah kedua orang tua kita yang selalu menyelipkan nama kita disetiap sujudnya.

Mita Andriyani
3201414008




Tidak ada komentar:

Posting Komentar